Masalah Lalu Lintas Kian Kompleks, Begini Tips Mengatasinya

Masalah Lalu Lintas Kian Kompleks, Begini Tips Mengatasinya - Berbicara tentang permasalahan yang turun temurun dihadapi Indonesia salah satunya adalah permasalahan mengenai lalu lintas. Sebut saja Jakarta, sebagai ibu kota negara Indonesia kota ini menjadi destinasi banyak warga pendatang untuk mencari pekerjaan, berinvestasi, dan menjalankan banyak aktivitas sehingga tak heran kepadatan lalu lintas pun menjadi tidak terelakkan.


Tidak hanya Jakarta, kota-kota besar lainnya di Indonesia juga mengalami permasalahan lalu lintas yang hampir serupa yakni macet dan kurangnya pengetahuan masyarakat tentang pendidikan berlalu lintas yang menyebabkan banyaknya terjadi pelanggaran.Padahal, keamanan berkendara dan sistem lalu lintas yang baik tentu menjadi sangat penting untuk diperhatikan.

Lantas, bagaimana caranya agar terwujud tertib berlalu lintas? 

Berikut ada beberapa tips yang mungkin dapat membantu mengatasi berbagai permasalahan lalu lintas:

- Perketat regulasi. Poin ini ditujukan untuk pemerintah, di mana pemerintah dalam hal mengatur lalu lintas tentunya memiliki peran kunci sebagai pembuat kebijakan. Untuk itu maka pemerintah dihimbau agar dapat membuat regulasi lalu lintas yang sesuai dan juga tegas agar dapat diikuti oleh masyarakat. Tidak hanya membuat regulasi, pemerintah juga dihimbau untuk terus meningkatkan fasilitas lalu lintas guna kelancaran berlalu lintas, seperti memperbaiki jalan rusak, melengkapi rambu lalu lintas, dan yang lainnya.

- Tidak hanya dari elemen pembuat kebijakan saja, dalam hal ini tertib lalu lintas juga sangat dipengaruhi oleh pengguna lalu lintas itu sendiri yakni masyarakat. Kita semua tentu ingin bukan terhindar dari kemacetan kota? Kita juga ingin bukan menjadi pengguna lalu lintas yang mengerti akan peraturan-peraturan lalu lintas yang berlaku?

Untuk itu mulailah dari diri sendiri dengan mengetahui dan menjalankan berbagai peraturan lalu lintas yang sudah dirancang oleh pemerintah.

Berdasarkan dua poin di atas, dapat disimpulkan bahwa tertib lalu lintas tidak bisa hanya dilakukan oleh satu elemen saja, namun juga semua elemen dalam masyarakat turut berperan menjalankan tertib berlalu lintas. Sebut saja kota Medan, sebagai kota besar yang juga tergolong padat ini Medan justru berhasil meraih penghargaan sebagai kota dengan tata kelola lalu lintas terbaik dalam piala Wahana Tata Nugraha (piala WTN).

Kunci kesuksesan kota Medan ini tidak lain berasal dari sinergi antara elemen pemerintahan dan juga masyarakatnya dalam mewujudkan kota tertib berlalu lintas.

Selain dua elemen tersebut, program csr dari perusahaan atau industri-industri yang berdiri juga memiliki perannya sendiri untuk membantu menciptakan tertib berlalu lintas dalam kota. Seperti Astra misalnya, yang melalui program Inspirasi 60 tahun Astra ia membuat sebuah program yang dinamai Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas yang dirancang khusus sebagai program csr untuk memberikan himbauan dan edukasi bagi masyarakat secara umum untuk mewujudkan kota tertib berlalu lintas.

0 komentar