3 In One Destinasi Di Pantai Ngobaran - Bali of Java

3 In One Destinasi Di Pantai Ngobaran - Bali of Java - Untuk sebagian wisatawan, Yogyakarta merupakan salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Di sini, Anda bisa mendapatkan berbagai spot wisata yang menawan, mulai dari wisata budaya, kuliner, dan alam. Apalagi dengan salah satu kabupatennya yang mendapat julukan surganya pantai, Gunung Kidul. Salah satu pantainya adalah Pantai Ngobaran.

Sejarah pantai ini dimulai pada zaman kerajaan Majapahit yang diserang oleh Kerajaan Demak. Pada saat itu, pimpinan pasukan Kerajaan Demak adalah Raden Patah yang merupakan putra dari Brawijaya V. Dikarenakan enggan melawan putranya sendiri, Brawijaya akhirnya melarikan diri ke pantai. Kartanesia tour telah merangkum tempat wisata pantai ini dalam paket tour jogja terlengkap dengan harga terjangkau.

Karena tidak menemukan jalan keluar di sana, akhirnya Brawijaya V melakukan pembakaran diri sendiri atau ritual moksa. Dalam upacara ritual tersebut, kobaran api yang dihasilkan sangat besar. Dari sanalah muncul istilah Ngobaran sebagai nama tempat ini.


Namun, beberapa masyarakat tidak mempercayai cerita tersebut karena setelah ritual tersebut, tidak ditemukannya tulang-tulang manusia melainkan tulang anjing. Menurutnya, ritual tersebut dilakukan untuk mengelabuhi Raden Patah karena Brawijaya V tidak mau masuk Islam. Di cerita lain menyebutkan jika Brawijaya V moksa dengan salah satu istrinya.

Ngobaran bukan hanya sekedar pantai, nyatanya ada keunikan tersendiri bagi wisatawan yang mengunjunginya. Yaitu adanya pura dan arca sebelum memasuki area pantai. Pura terbesar yaitu Pura Segara Wukir. Bukan hanya sebatas ornamen, nyatanya pura ini masih digunakan masyarakat setempat untuk ritual adat dan tempat ibadah umat Hindu.

Di sini, Anda juga bisa menemukan masjid dengan mimbar yang menghadap ke selatan atau lautan langsung. Uniknya lagi, lantai masjid ini masihlah berupa pasir putih. Sehingga, jika Anda ingin melakukan ibadah shalat di sini, Anda harus membawa alas sendiri agar nyaman saat menjalankan shalat.

Selanjutnya ada sumber air tawar di tepi pantai. Sayangnya, aliran air tawar ini hanya bisa Anda temukan ketika air laut surut. Untuk bisa menjangkau alirannya, Anda bisa menuruni tangga yang tersedia di kawasan Arca. Setelah sampai di karang, Anda akan menemukan aliran air yang memancur dari bawah tanah.

Keunikan terakhir yang bisa Anda dapatkan di sini adalah kuliner landak laut atau bulu babi yang bisa Anda pesan di warung-warung sekitar pantai. Yang dimakan adalah dagingnya ya … tentunya, Anda juga harus mempertimbangkan waktu yang tepat untuk mencicipinya. Karena jika bukan pada musimnya, landak tidak memiliki daging untuk dimakan.

Aktivitas yang bisa Anda lakukan di pantai ini cukup banyak. Mulai dari menikmati wisata budaya dan kuliner hingga berenang karena ombak yang dimilikinya tak terlalu besar seperti pantai selatan lainnya.

Apabila Anda bosan berenang, Anda juga bisa berjemur di pinggir pantai dan menikmati indahnya sunset jika Anda datang pada sore hari.

Bagi Anda yang ingin merasakan nuansa yang sejuk, deburan ombak yang menenangkan, serta sepinya pantai. Anda bisa datang pada pagi hari hingga menjelang siang. Sekitar pukul 06.00 sampai 10.00. Lebih pagi lagi, Anda bisa menemukan matahari terbit yang memukau mata.
Sore hari pun akan terasa sangat pas jika Anda datang bersama dengan pasangan untuk menikmati suasana matahari tenggelam yang romantis. Jangan datang pada saat siang hari karena teriknya akan membakar kulit.

Lokasi Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran sendiri terletak di desa Kanigoro, Sapto Sari, Gunung Kidul.
Pantai Ngobaran ini dekat sekali dengan pantai lainnya, sebut saja Pantai Ngrenehan, Pantai Nguyahan, Pantai Indrayanti, Pantai Pok Tunggal, dan pantai-pantai lainnya yang menyajikan pasir putih serta pemandangan yang eksotis.

Fasilitas di Pantai Ngobaran

Fasilitas yang disediakan di Pantai Ngobaran sendiri cukup lengkap. Yaitu:

Masjid
Tempat makan
Tempat parkir
Toilet Umum

Keberadaan fasilitas-fasilitas tersebut akan sangat menunjang aktivitas Anda di sana.

Jam Buka dan Tiket Masuk Pantai Ngobaran

Liburan yang asyik dan menyenangkan tak perlu mahal. Di sini, Anda bisa menemukan banyak spot wisata murah dengan pesona yang nggak kalah sohor dengan wisata lainnya. Berikut rincian biaya yang akan Anda keluarkan saat berkunjung ke Ngobaran.

Tiket masuk Rp5.000,-
Parkir Motor Rp3.000,-
Parkir Mobil Rp5.000,-
Parkir Bus Medium Rp10.000,-
Parkir Big Bus Rp20.000,-

Pantai Ngobaran buka 24 jam nonstop, sehingga bagi yang ingin menginap pun bisa berkoordinasi dengan pengelola pantai.

Di sini, dengan tarif terjangkau, akses yang mudah, spot wisata yang unik bisa memuaskan dahaga wisata Anda. Terkhusus para pecinta pantai. Apalagi, Anda yang ingin ke Bali tetapi tidak memiliki cukup budget. Di sinilah tempatnya, karena Ngobaran sering kali disandingkan dengan pantai Bali dengan keberadaan pura-nya. Bahkan, Ngobaran mendapat julukan Bali of Java.

Bagaimana? Liburan nggak melulu harus keluar duit banyak. Nggak perlu jauh-jauh juga kalau potensi daerah sendiri belum Anda gali dan eksplore lebih jauh. Salah satunya ya, Pantai Ngobaran ini

0 komentar